Jumat, 14 Maret 2014

Don't Lose Your Way

YO! *setelah sekian lama menghilang balik lg* Udh lama gk megang nih blog. Nih blog emg rada2 buat ngeblabber about stuff yg lg di otak aj, sayangnya kdng apa yg gw pikirin ilang entah kmn ahahaha. Well, blog ini emg hasil pikiran-pikiran gw sih, bs bener ato salah.

Jadi dari titlenya aja... Apa mksd gw? Well... This might be new to you, tp gw seorang atheis. Gw bukan macem orang yg bs percaya ama hal2 agama, gaib, mitos, dll, dll. Kenapa? Umm... Cara plng gmpng buat gw jelasin kenapa itu karena gw hidup berdasarkan realita yg ada aj. Just so you know, gw gk bakal maksa kalian buat ikut cara hidup gw, tp ini emg cara hidup yg gw pilih sndiri. Still, kl pun kalian ada agama dan kepercayaan, I respect that. Gw gk bakal benci seseorang cmn gara2 pnya kepercayaan yg beda dari gw. Gw jg gk bakal benci kalian2 yg bilang cara hidup gw kacau dan aneh. Buat orang yg mw bikin gw kembali beragama jg gk bakal gw benci. It's just the way I live.

Okay... smua basa-basi soal kepercayaan hidup gw udh kluar. So apa maksud gw di blog post kali ini? Kali ini gw mw critain sedikit soal hidup gw dan ngejelasin pandangan gw.

Jd ini terjadi pas ujian praktek agama. Well... obviously gw gk gitu semangat ngerjainnya... Wktu itu kita disuruh buat bikin karya tulis soal suatu kepercayaan yg dianut CC (3C: Compassion, Conscience, Competence) dan nnti ngepresentasiin depan pengawas dan beberapa temen2 (sekelas dibagi2 ke beberapa ruangan). Well... yg pnting di pengalaman kali ini bukan karya tulisnya, tp salah satu pertanyaan yg diajukan ke gw oleh seorang teman.

Seorang F. R. Popo (calon pastor... sprtinya) bertanya: "CC menganut 'Finding God in All Things' (FGIAT). Nah, bisakah FGIAT itu berlaku dalam suatu bencana?". Sebenernya itu pertanyaan off topic, Popo pun nntinya gk jd nanya. Tp gw sebenernya mw2 aj jawab pertanyaan itu, tp brhubung yg jd pengawas gw pater moderator... Kl gw jelasin bs2 debat nymp besoknya kl hahaha. Tp gw janji ama Popo gw akan jawab suatu hari nnti (well.. this post technically).

So... FGIAT di sesuatu yg mnrt bnyk orng menyedihkan. Mngkn pertama2 gw bakal ngejelasin ke kalian apa pandangan gw terhadap religion dan their gods. Pandangan gw terhadap hal2 agama itu semacam guide buat kita smua supaya kita gk kehilangan arah. Inti dr agama mnrt gw itu ngajarin kita berbuat baik ama ngasih kita harapan hidup. Salahkah pandangan gw? O well... take it with a grain of salt, mumpung ini perkataan orng yg gk pnya kepercayaan.

Seperti kita tw, not everything goes our way. Termasuk juga smua bencana2 dan malapetaka. FGIAT yg berlaku di sebuah bencana itu adalah harapan2 yg dipanjatkan oleh smua yg kena. Kl kita liat abis bencana, psti bakal ada orang2 yg ngasih donasi2 kepada mereka yg memerlukan. Itu ada compassion alias bantuan tangan dari mereka (hiraukan yg terpaksa). Bantuan tangan itu yg mnrt orang2 beragama sebagai 'bantuan dr tuhan' (i guess.. kl buat gw sih emg dr kepedulian dan kesadaran kita aj).

Jd apa yg bisa kita ambil dr sini? Apa yg mnrt gw bs diambil adalah: ketika dihadapkan pada suatu masalah, kita harus ngadepin masalah itu dengan penuh harapan. Harapan itu bisa dikatakan hal yg mw kita capai begitu lewat dr suatu masalah, sebagai drive buat kita ngeberesin masalah. Dengan punya harapan, kita bakal punya persistence buat ngeberesin masalah tersebut. Jd kl dihadepin masalah, kita harus berani ngadepin tantangan/masalah yg dihadapkan ke kita dengan harapan bisa lewat dari masalah tersebut dengan outcome yg kita mw.

So, with hope we will have persistence. Basically, kita gk bisa kehilangan arah dan harapan gitu aj pas dihadepin masalah. Jaman sekarang tuh kl gw perhatiin gk bakal bgini. Kl ada masalah, pasti ama dia selalu cari cara gmpng buat sekedar ngehindar masalahnya doang. Ini udh jd tanda2 kl kita gmpng kehilangan arah dan harapan. Gw ada quote penting buat diinget:

"The greatest glory in our life is not in never failing, but in rising up every time we fall" 
-Nelson Mandela

Hal yg pnting dari post kali ini adalah dengan punya harapan, kita akan punya persistence. Kl kita punya persistence, kita bisa ngeberesin masalah dan kita gk bakalan lose our way. Well... that's all I might say this time. Have a good day~

2 komentar:

Terima kasih sudah berkomentar :)