Rabu, 11 Desember 2013

Kesalahan Dijadikan Kebenaran

Hey readers! Udh lama bngt gk ngepost ya... Gw lg agk fokus di The Unbounded blkngan ini hahaha. Tp nih hari gw mw ngebahas sesuatu yg udh bnyk terjadi di masyarakat sekitar kita. Hari ini kita mw ngebahas tntang kesalahan yang dijadikan kebenaran, dan sebaliknya.

Kesalahan yang dijadikan kebenaran. Apa maksudnya? Yang gw maksud adalah kebohongan. Seperti kita tw, kebohongan itu sebenernya hal yang salah. Bohong itu ungkapan yang tidak sesuai dengan faktanya. Nah, tapi sebenarnya, kebohongan itu banyak terjadi di masyarakat. Kl gw kira2, mngkn aj tiap hari kita berbohong plng gk satu kali (moga2 gw salah).

Kenapa kebohongan itu bisa aj terjadi di masyarakat? Well, pertama kita harus liat dulu tipikalnya seorang manusia. Pasti kan gk ada orang yang mw gagal? Nah, kemauan biar ngk gagal itu bisa aj memacu alesan kita bohong. Kita ini berbohong karena bisa aj untuk mendapat sesuatu, menutupi kemalasan, gk mw disalahin, dll. Intinya, kita berbohong biar kita untung dari kebohongan itu.

"Berbohong sekali2 gpp lah". Sering kan kita mikir bgini, bahkan kdng jg udh gk mikir lg. Bnyk skrg udh nganggep kl bohong itu suatu hal yang sepele. Sebenernya malah kebalikkannya. Berbohong itu suatu kesalahan yang besar. Kalo mw dilihat penjabaran dr berbohong, liat aj skrg korupsi beredar dmn2. Berbohong jg kan 'latar belakang' dr suatu fitnah. Jadi berbohong itu cmn 1 hal kecil yang bisa menyebabkan hal yg besar bngt.

Mnrt gw, orng itu berbohong karena mw lepas dari suatu tanggung jawab yang diberikan ke mereka dan ngambil jalan yang lebih 'efektif'. Jaman sekarang kan udh begitu, yang dipentingin efisiensi. Sekarang orng udh mikirnya praktis aj. Jd mnrt gw kl skrg masyarakat kita hancur gk jelas bgini, itu krna emg mind set kita yg udh ngaco. Dari efek bnyk orng yg sering bohong, sekarang pun gk bnyk orng yg bisa percaya, pasti ada sesuatu yg meragukan.

Gw sendiri? Kl gw jujur aj emg prnh ngebohong. Setiap orng pasti pernah, walaupun sekecil2nya. Tp mind set gw gini, gw mw sebisa mngkn jd orng yg jujur. Iy sih gw kdng bohong, tp setau gw, gk gitu bnyk. Gw mw jd orng yg bener2 jujur, dan efek dr ini adalah gw benci bngt orng yg bohong ke gw.

Well... Emg masalah ini bukan masalah yg dengan mudah bisa terpecahkan, malahan mngkn ngk bisa dipecahin. It's in our human nature. Dan pasti susah bngt kita bisa ngilangin itu dr human nature. Pesan gw adalah cobalah menjadi orng yg jujur. Memang kita suka berbohong tanpa sadar, tp mngkn bisa lbh sadar kl kita sendiri mw jd orng yg jujur. Sekian dr gw untuk blogpost hari ini. Ciao!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkomentar :)